Semua Backlink Tidak Memiliki Bobot yang Sama : 10 Konsep Penilaian Terhadap Backlink

Editor’s note : Search Engine Optimization (SEO) terbagi menjadi 2 prinsip utama : on page SEO dan off page SEO. Salah satu faktor penting dalam off page SEO adalah backlink. Yang perlu diketahui para founder Startup adalah backlink dari suatu website memiliki bobot berbeda-beda.

Di tahun 1997, founder Google menciptakan metode algoritma untuk mengukur kepentingan dan popularitas berdasarkan beberapa hal :

Links di web bisa diartikan sebagai vote yang diberikan oleh sumber untuk target

Semua vote, pada awalnya dianggap sama

Page yang mendapatkan vote lebih banyak akan menjadi lebih penting

Halaman yang lebih penting akan memberikan vote yang lebih penting

Vote page yang bisa memberikan adalah fungsi dari pentingnya suatu page, dibagi dengan jumlag votes/links yang ia berikan

Algoritma yang disebutkan tadi, yaitu PageRank, dan itu mengubah jalannya pencarian web, menyediakan value yang luar biasa ke Google pada kualitas dan relevansi di hasilnya. Di saat pengetahuan tentang PageRank menyebar, orang-orang yang memiliki ketertarikan dalam mempengaruhi search rankings (SEO) menemukan cara untuk memanfaatkan informasi ini untuk website dan page mereka.

Namun, Google tidak berdiam diri atau beristirahat pada pencapaian mereka di bidang link analysis. Mereka berinovasi, meningkatkan sinyal seperti anchor text, trust, hubs & authorities, topic modeling dan bahkan aktivitas manusia untuk mempengaruhi bobot dari link yang terbawa. Namun, sayangnya, banyak orang di bidang SEO masih tidak menyadari perubahan dan bagaimana mereka mempengaruhi external marketing dan best practices dari link acquisition.

Postingan ini adalah tentang sepuluh prinsip dari link valuation. Di saat anda membacanya, mohon untuk dicatat ini tidaklah sulit. Sepuluh prinsip ini akurat berdasarkan pengalaman, testing, dan observasi oleh seomoz.org, tetapi dengan semua hal di SEO, ini adalah opini. Kami sangat ingin mendorong pembaca untuk mencobanya sendiri. Tidak ada yang lebih baik belajar SEO selain dengan mencoba dan bereksperimen sendiri.

1. Link yang berada pada bagian atas HTML code memberikan vote yang lebih powerful

http://startupbisnis.com/wp-content/uploads/2014/01/linkval-1a.gif

Berdasarkan gambar, link yang berada di atas dari suatu page akan memberikan vote/ranking yang lebih tinggi, artinya “A” mengalahkan ranking “B” begitu juga dengan “C” untuk kata kunci “fuzquatziik”.

http://startupbisnis.com/wp-content/uploads/2014/01/linkval-1b.gif

Banyak test yang lain, begitu juga korelasi dan ranking model data telah menunjukkan bahwa dengan memiliki keyword di depan title dapat menghasilkan ranking yang lebih tinggi. Itu kenapa, “B” seharusnya dapat mengalahkan “A”. Akan tetapi karena kekuatan dari “link yang lebih tinggi memberikan ranking yang lebih baik”, itu sebabnya “A” masih dapat mengalahkan “B” di skenario test di atas.

2. External links lebih berpengaruh dibanding internal links

http://startupbisnis.com/wp-content/uploads/2014/01/linkval-2.gif

Search engine sering berpesan bahwa apa yang orang lain katakan tentang anda itu lebih penting dari apa yang anda katakan tentang diri anda sendiri. Prinsip ini juga berlaku ketika anda membandingkan external links vs. internal links.

3. Links dari unique domain lebih penting daripada link dari situs sebelumnya

http://startupbisnis.com/wp-content/uploads/2014/01/linkval-3.gif

Dari hasil penelitian terkait Serps (Search Engine Result Page), lebih baik untuk memiliki 50 links dari 50 domain yang berbeda dari pada 500 link dari situs yang telah terhubung dengan anda.

4. Links yang bersumber dari situs yang terpercaya dapat memberikan value yang lebih

http://startupbisnis.com/wp-content/uploads/2014/01/linkval-4.gif

Banyak paten aplikasi yang terkait search dan juga catatan dari para search engineers yang berpengalaman menyebutkan bahwa links yang berasal dari domain yang highly trusted dapat memberikan ranking yang lebih baik.

5. Links yang berasal dari “dalam” unique content memberikan value yang lebih dibandingkan links dari footers/sidebar/navigation

http://startupbisnis.com/wp-content/uploads/2014/01/linkval-5.gif

Tentunya, links yang berasal dari unique/relevant content dapat memberikan ranking yang lebih baik, impact yang positif, dan juga menghindari spam daripada link yang berasal dari footer, sidebar, dan navigation.

6. Keyword di HTML text memberikan value yang lebih daripada yang ada di Alt Attributes dari linked images

http://startupbisnis.com/wp-content/uploads/2014/01/linkval-6.gif

Berdasarkan ujicoba oleh Moz.com, anchor text yang ada di HTML dapat memberikan potensi dan value yang lebih besar dibandingkan alt attributes di dalam image links. Ini tidak berarti bahwa kita harus membuang/tidak menggunakan image links, badges ataupun alt attributes.

7. Links yang berasal dari situs yang lebih penting, lebih terpercaya, dan popular memberikan value yang lebih (bahkan dari pages yang kurang penting)

http://startupbisnis.com/wp-content/uploads/2014/01/linkval-7.gif

Kita mungkin sering mengalami perasaan sedih melihat competitor yang terhubung dari page yang kurang kuat (mis.random unpopular page dari situs CNN) dapat mengalahkan kita. Ini mungkin bisa dijelaskan oleh value dari domain untuk memberikan link tersebut. Ini juga bisa membantu search engine untuk melawan spam dan menyediakan hasil yang lebih terpercaya (trusted).

8. Links yang berada di NoScript Tags memberikan value yang lebih rendah (dan mungkin tidak ada value)

http://startupbisnis.com/wp-content/uploads/2014/01/linkval-8.gif

Selama bertahun-tahun, fenomena ini dilaporkan dan bertentangan berkali-kali. Hasil testing kami : noscript link tidak memberikan value, tetapi ini mungkin tidak benar dalam setiap kasus.

9. Munculnya sejumlah besar dari backlink-backlink yang baru mungkin dapat membuat website Anda (atau link Anda) memenangkan kompetisi yang ketat di search engine secara sementara (atau juga secara bertahap)

http://startupbisnis.com/wp-content/uploads/2014/01/linkval-9.gif

Ketika sebuah page mendapatkan sejumlah baclink yang relatif banyak dalam waktu pendek, algoritma search engine dapat mengartikan ini sebagai sinyal bahwa halaman atau URL tersebut baru dan sangat berguna/menarik/updated. Links yang trending secara sementara ini, bahkan dapat memberikan dorongan yang menempatkan page di posisi Serps yang baik.

10. Page yang memiliki outbond link ke WebSpam mengkin dapat mendevaluasi link lain yang ada di halaman tersebut

http://startupbisnis.com/wp-content/uploads/2014/01/linkval-10a.gif

Link yang dikenal spam (bahkan dengan mengimplementasikan rel=”nofollow”) dan jumlah keyword beracun yang tinggi atau anchor text yang termasuk niche yang terlalu komersial/agresif (mis.viagra) dapat menurunkan kemampuan halaman URL tersebut (dalam contoh di atas : seomoz.org) untuk perform dengan baik di ranking dan menurunkan link value yang diberikan.

Tips untuk menaikkan SEO situs Anda





Banyak orang berkata, “Buatlah saja dan mereka akan datang,” tapi hal ini tentunya tidak berlaku pada situs-situs. Cara terbaik untuk membuat banyak pengunjung datang ke situs Anda adalah dengan menggunakan SEO (Search Engine Optimization). Akan sangat sulit untuk menyeimbangkan antara membuat konten yang menarik dan memastikan Google (dan mesin pencari lain) dapat menemukan situs Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda:



Meriset Kata Kunci



Memilih kata kunci yang tepat artinya Anda bisa menargetkan orang-orang yang akan mencari topik yang Anda kuasai. Ini harus menjadi titik permulaan Anda bahkan sebelum mulai menulis. Pertama-tama tentukan siapa yang Anda targetkan dan dimana letak domisili audiens potensial Anda, apakah mereka berada dalam satu Negara, ataukah berada di sekeliling dunia?



Setelah Anda sudah memiliki daftar kata kunci potensial, Anda bisa menggunakan alat seperti Google AdWords Keyword tool atau Wordtracker, Anda bisa tentunya mana yang paling baik digunakan. Selain menggunakan kata kunci dalam konten Anda, jangan lupa untuk menyelipkannya juga dalam tag judul (title tags), meta descriptions, heading tags, alt text, tautan internal (internal links), dan banyak lagi.



Tidak ada aturan yang jelas untuk mendapatkan ‘kehandalan kata kunci’ yang paling optimal. Tentu akan tergantung kepada kata atau frasa yang dipilih, dan panjang teksnya. Sebagai gambaran kasar, pastikan kata kunci Anda berada di judul atau sub-judul halaman, dan muncul 2-3 kali dalam halaman tersebut.



Riset kata kunci yang baik adalah basis untuk semua usaha meningkatkan SEO dan juga akan menyediakan fondasi untuk memperluas situs Anda nantinya.



Targetkan Mesin Pencari (Search Engine)



Google adalah mesin pencari paling populer di dunia, dan merupakan target utama kebanyakan usaha peningkatan SEO. Tapi Google bukanlah pemimpin pasar di semua tempat.



Jika Anda menargetkan pembaca atau pelanggan di Negara Cina, maka Baidu adalah mesin pencari yang paling populer, dan Yandex mendominasi Rusia. Orang Jepang masih menyukai Yahoo! Dan penduduk Korea Selatan lebih memilih Naver. Kebanyakan tips ini akan mempengaruhi di semua mesin pencari. Tapi menginvestasikan waktu Anda untuk meriset tentang mesin pencari yang berbeda dari yang utama jika Anda ingin menargetkan Negara tertentu.



Konten yang baik



Mesin pencari mungkin tidak bisa membedakan tulisan yang baik dan buruk, tapi pembaca Anda bisa melakukannya. Membuat konten yang sudah diriset dan berkualitas tinggi adalah rahasia untuk membuat User tetap kembali ke situs Anda. Jangan menyepelekan pentingnya memeriksa pengejaan dan struktur bahasa dalam konten Anda.



Penempatan (layout) yang rapi, mudah dibaca, dilengkapi dengan gambar dan video yang diletakkan dengan cerdas, akan membantu Anda menciptakan kesan yang tepat. Anda akan membutuhkan sebuah sistem yang menjaga halaman-halaman Anda tetap ‘segar’ dan up-to-date. Mesin pencari, dan juga pembaca, lebih memilih website dengan konten yang fresh dan unik.



Jika Anda memilih untuk menerjemahkan website Anda untuk pembaca internasional, jangan gunakan alat penerjemah otomatis. Mereka mungkin berguna untuk mengerti sekilas tentang teks tersebut, tapi mereka belum bisa menyaingi sorang penulis manusia. Membayar penerjemah untuk memastikan konten Anda fasih, layak dibaca, dan bebas dari kesalahan adalah hal yang pantas untuk dibayar.



Memilih nama domain yang tepat



Idealnya nama domain Anda harus pendek, mudah diingat, dan kata kunci Anda termasuk di dalamnya. Walaupun begitu, nama-nama terbaik cepat diambil orang dan Anda harus membayar lebih untuk mendapatkan salah satunya. Dalam kasus ini, jangan terpaku dengan kata kunci dalam menentukan nama domain Anda. Memenuhi url Anda dengan kata-kata kunci akan membuatnya sulit diingat, tidak user-friendly, dan lebih sering salah diketikkan.



Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk membuat bisnis berskala internasional, ambilah salah satu nama-nama domain terbaik itu. Jika Anda sekarang menggunakan alamat ‘.com’, coba lihatlah juga ‘.jp’, ‘.fr’, dan ‘.cn’.



Ini adalah cara paling efektif untuk melakukan SEO. Tapi jika Anda merasa bahwa ini terlalu mahal atau memakan banyak waktu, Anda bisa membuat sub-direktori atau sub-domain sebagai bagian dari situs utama Anda.



Gunakan desain yang simpel



Menjaga agar desain situs Anda tetap simpel,terstruktur, dan mudah dijelajahi adalah hal yang terbaik. User yang frustasi hampir pasti akan menyerah jika mereka tidak bisa mendapat informasi yang mereka cari. Pilihlah tema warna Anda dengan hati-hati. Hindari latar belakang yang berkilau, atau kuning dan pink yang menyakitkan mata.



Cascading Style Sheet (CSS) menjaga agar konten Anda tetap terpisah dari desain situs Anda, yang artinya Anda mendapat lebih banyak fleksibilitas. Jika nantinya Anda memutuskan untuk mengganti konten, Anda tidak perlu mendesainnya lagi dari nol.



Unicode UTF-8 juga merupakan alat yang bagus karena dia bisa memenuhi lebih dari 90 script yang berbeda, jadi menglobalisasikan konten Anda menjadi lebih mudah jika sudah dikodekan dengan benar sejak awal.



Social Media



Social media sudah menjadi bagian penting dari SEO. Algoritma yang digunakan Google sekarang lebih memperhitungkan social media – yang artinya Anda juga harus melakukannya. Anda tidak akan rugi jika meningkatkan tingkat kehadiran Anda di media sosial, dan pastikan konten Anda bisa dibagikan (share) melalui media sosial.



Masukkan tombol Facebook, Twitter, dan LinkedIn kedalam posting Anda. Lalu gunakan ketiganya (atau lebih) untuk menyebarkan info tentang situs Anda. Tentunya, media sosial adalah tempat untuk membangun hubungan, jadi lakukanlah percakapan atau berbagi dengan user lain yang ada dalam bidang Anda.



SEO adalah proses yang berkelanjutan dan berkesinambungan, dan Anda tidak akan mendapat hasil dalam semalam. Anda akan melakukan banyak usaha untuk mendaki sampai Anda bisa mencapai urutan atas dalam hasil pencarian – dan usaha teratur untuk tetap berada disana. Tapi hasilnya akan sangat besar, karena Anda akan mendapat pembaca dari seluruh dunia, dan terus berkembang.

Daftar Harga Baru dan Bekas Mobil Honda

mobil Honda

Honda adalah produsen mobil pertama Jepang untuk merilis sebuah merek mewah berdedikasi, Acura, pada tahun 1986. Selain dari bisnis mobil dan sepeda motor inti mereka, Honda juga memproduksi peralatan kebun, mesin kelautan, perahu pribadi dan pembangkit listrik, antara lain. Sejak tahun 1986, Honda telah terlibat dengan kecerdasan buatan / penelitian robotika dan merilis robot Asimo pada tahun 2000. Mereka juga berkelana ke ruang angkasa dengan berdirinya Aero Engine GE Honda pada tahun 2004 dan Honda HA-420 HondaJet, dijadwalkan akan dirilis pada tahun 2012. Honda menghabiskan sekitar 5% dari pendapatan ke R & D.Pada tahun 2009, American Honda merilis Dream seri dokumenter Impossible, koleksi 5-8 sketsa web menit yang berfokus pada filosofi inti dari Honda. Film pendek saat ini meliputi Kegagalan: Rahasia Sukses, Kick Out Tangga dan Mobilitas 2088. Mereka memiliki karyawan Honda serta Danica Patrick, Christopher Guest, Ben Bova, Chee Pearlman, Joe Johnston dan Orson Scott Card. Film seri bermain di dreams.honda.com.

Update: September, 2014

Daftar Harga Mobil Baru Honda

Jenis Mobil Harga
All New Jazz S M/T Rp. 199.500.000
All New Jazz S A/T Rp. 209.500.000
All New Jazz RS M/T Rp. 215.000.000
All New Jazz RS A/T Rp. 225.000.000
Freed A/T Rp. 239.500.000
Freed Sliding Door A/T Rp. 260.000.000
Freed S alpha Rp. 219.000.000
Accord 2.4 A/T VTi Rp. 443.500.000
Accord 2.4 A/T VTi-L Rp. 481.500.000
Accord 2.4 M/T VTi Rp. 428.500.000
Accord 3.5 A/T VTi-L Rp. 708.000.000
City All New City S M/T Rp. 261.000.000
City All New City S A/T Rp. 276.000.000
City All New City E M/T Rp. 270.000.000
City All New City E A/T Rp. 285.000.000
CR-V facelift 2.0L i-VTEC M/T Rp. 348.000.000
CR-V facelift 2.0L i-VTEC A/T Rp. 359.000.000
CR-V facelift 2.4L i-VTEC A/T Rp. 388.000.000
Brio 1.3 E A/T Rp. 170.000.000
Brio 1.3 E M/T Rp. 160.000.000
Brio 1.3 S A/T Rp. 159.000.000
Brio 1.3 S M/T Rp. 149.000.000
Civic 1.8 L Manual Rp. 341.000.000
Civic 1.8 L Otomatis Rp. 354.000.000
Civic 2.0 L Otomatis Rp. 406.000.000

Daftar Harga Mobil Honda

Daftar Harga Mobil Bekas Honda

Jenis Mobil Tahun Harga
Jazz i-DSI M/T 2004 Rp. 105.000.000
Jazz i-DSI M/T 2005 Rp. 110.000.000
Jazz i-DSI M/T 2006 Rp. 115.000.000
Jazz i-DSI M/T 2007 Rp. 120.000.000
Jazz i-DSI M/T 2008 Rp. 125.000.000
Jazz i-DSI A/T 2004 Rp. 110.000.000
Jazz i-DSI A/T 2005 Rp. 115.000.000
Jazz i-DSI A/T 2006 Rp. 125.000.000
Jazz i-DSI A/T 2007 Rp. 130.000.000
Jazz i-DSI A/T 2008 Rp. 140.000.000
Jazz VTEC M/T 2005 Rp. 115.000.000
Jazz VTEC M/T 2006 Rp. 125.000.000
Jazz VTEC M/T 2007 Rp. 135.000.000
Jazz VTEC M/T 2008 Rp. 145.000.000
Jazz VTEC A/T 2005 Rp. 120.000.000
Jazz VTEC A/T 2006 Rp. 130.000.000
Jazz VTEC A/T 2007 Rp. 135.000.000
Jazz VTEC A/T 2008 Rp. 150.000.000
Freed Manual Sliding Door 2009 Rp. 185.000.000
Freed Power Sliding Door 2011 Rp. 230.000.000
Freed Manual Sliding Door 2010 Rp. 195.000.000
Freed Power Sliding Door 2009 Rp. 205.000.000
Freed Power Sliding Door 2010 Rp. 210.000.000
Accord 2.3 VTi Facelift M/T 2003 Rp. 120.000.000
Accord 2.3 VTi M/T 1999 Rp. 90.000.000
Accord 2.3 VTi M/T 2000 Rp. 95.000.000
Accord 2.3 VTi M/T 2001 Rp. 105.000.000
Accord 2.3 VTi M/T 2002 Rp. 110.000.000
Accord 2.3 VTi-L Facelift M/T 2003 Rp. 130.000.000
Accord 2.3 VTi-L A/T 1999 Rp. 110.000.000
Accord 2.3 VTi-L A/T 2000 Rp. 115.000.000
Accord 2.3 VTi-L A/T 2001 Rp. 120.000.000
Accord 2.3 VTi-L A/T 2002 Rp. 125.000.000
Accord 2.3 VTi Facelift A/T 2003 Rp. 130.000.000
Accord 2.3 VTi-L M/T 1999 Rp. 105.000.000
Accord 2.3 VTi-L M/T 2009 Rp. 110.000.000
Accord 2.3 VTi-L M/T 2001 Rp. 115.000.000
Accord 2.3 VTi-L M/T 2002 Rp. 120.000.000
Accord All New 2.4 VTi-L A/T 2009 Rp. 365.000.000
Accord 2.4 VTi A/T 2006 Rp. 185.000.000
Accord 2.4 VTi A/T 2005 Rp. 175.000.000
Accord 2.4 VTi A/T 2004 Rp. 165.000.000
Accord 2.4 VTi A/T 2003 Rp. 160.000.000
Accord 2.3 VTi-L Facelift A/T 2003 Rp. 135.000.000
Accord A/T 2003 Rp. 160.000.000
Accord 2.4 VTi M/T 2003 Rp. 130.000.000
Accord 2.4 VTi M/T 2004 Rp. 135.000.000
Accord 2.4 VTi M/T 2005 Rp. 140.000.000
Accord 2.4 VTi M/T 2006 Rp. 160.000.000
Accord 2.4 VTi-L A/T 2004 Rp. 185.000.000
Accord 2.4 VTi-L A/T 2005 Rp. 190.000.000
Accord 2.4 VTi-L A/T 2006 Rp. 205.000.000
Accord 2.4 VTi-L M/T 2003 Rp. 145.000.000
Accord 2.4 VTi-L M/T 2004 Rp. 150.000.000
Accord 2.4 VTi-L M/T 2006 Rp. 170.000.000
Accord 2.4 VTi-L A/T 2003 Rp. 175.000.000
Accord 2.3 VTi A/T 2001 Rp. 110.000.000
Accord 2.3 VTi A/T 2002 Rp. 120.000.000
Accord 2.4 VTi-L M/T 2005 Rp. 160.000.000
Accord 2.4 VTi-L New A/T 2006 Rp. 230.000.000
Accord 2.4 VTi-L New A/T 2007 Rp. 245.000.000
Accord All New 2.4 VTi-L A/T 2008 Rp. 340.000.000
Accord 2.4 VTi-L New M/T 2006 Rp. 220.000.000
Accord 2.3 VTi A/T 1999 Rp. 100.000.000
Accord 2.3 VTi A/T 2000 Rp. 105.000.000
Accord 3.0 V6 A/T 2003 Rp. 105.000.000
City 1.3 EX Karburator 1996 Rp. 55.000.000
City 1.3 EX Karburator 1997 Rp. 60.000.000
City 1.5 EXi Injection M/T 1997 Rp. 65.000.000
City 1.5 EXi Injection M/T 1998 Rp. 70.000.000
City 1.5 EXi Injection A/T 1997 Rp. 65.000.000
City 1.5 EXi Injection A/T 1998 Rp. 70.000.000
City 1.5i Type Z M/T 2000 Rp. 85.000.000
City 1.5i Type Z M/T 2001 Rp. 90.000.000
City 1.5i Type Z M/T 2002 Rp. 95.000.000
City 1.5i Type Z M/T 2003 Rp. 100.000.000
City 1.5i Type Z A/T 2000 Rp. 80.000.000
City 1.5i Type Z A/T 2001 Rp. 85.000.000
City 1.5i Type Z A/T 2002 Rp. 90.000.000
City 1.5i Type Z A/T 2003 Rp. 95.000.000
City New City i-DSI M/T 2003 Rp. 115.000.000
City New City i-DSI M/T 2004 Rp. 120.000.000
City New City i-DSI M/T 2005 Rp. 125.000.000
City New City Facelift VTEC A/T 2006 Rp. 140.000.000
City New city i-DSi A/T 2003 Rp. 115.000.000
City New city Facelift i-DSi A/T 2006 Rp. 140.000.000
City New city Facelift i-DSi A/T 2007 Rp. 145.000.000
City New City VTEC A/T 2003 Rp. 115.000.000
City New City Facelift VTEC A/T 2004 Rp. 120.000.000
City New City Facelift VTEC M/T 2006 Rp. 135.000.000
City New City Facelift VTEC M/T 2007 Rp. 145.000.000
City New city i-DSi A/T 2004 Rp. 120.000.000
City New city i-DSi A/T 2005 Rp. 125.000.000
City New city Facelift i-DSi M/T 2006 Rp. 135.000.000
City New city Facelift i-DSi M/T 2007 Rp. 145.000.000
City New City VTEC M/T 2004 Rp. 120.000.000
City New City VTEC M/T 2005 Rp. 125.000.000
City New City Facelift VTEC A/T 2007 Rp. 145.000.000
City New City Facelift VTEC A/T 2008 Rp. 155.000.000
City All New City E M/T 2009 Rp. 200.000.000
City All New City E A/T 2009 Rp. 225.000.000
City All New City E A/T 2010 Rp. 230.000.000
City All New City S M/T 2009 Rp. 215.000.000
City All New City S A/T 2009 Rp. 225.000.000
City All New City S A/T 2010 Rp. 240.000.000
CR-V 2.0 4×2 A/T 2000 Rp. 100.000.000
CR-V 2.0 4×2 A/T 2001 Rp. 105.000.000
CR-V 2.0 4×2 A/T 2002 Rp. 110.000.000
CR-V 2.0 4×2 M/T 2000 Rp. 85.000.000
CR-V 2.0 4×2 M/T 2001 Rp. 95.000.000
CR-V M/T 2002 Rp. 125.000.000
CR-V A/T 2002 Rp. 135.000.000
CR-V A/T 2003 Rp. 145.000.000
CR-V Facelift 2004 Rp. 145.000.000
CR-V Facelift 2005 Rp. 155.000.000
CR-V Facelift 2006 Rp. 165.000.000
CR-V 2.0 4×2 M/T 2002 Rp. 100.000.000
CR-V M/T 2003 Rp. 130.000.000
CR-V All New CR-V 2.0 A/T 2009 Rp. 265.000.000
CR-V All New CR-V 2.0 M/T 2007 Rp. 220.000.000
CR-V All New CR-V 2.0 M/T 2008 Rp. 235.000.000
CR-V All New CR-V 2.0 A/T 2007 Rp. 240.000.000
CR-V All New CR-V 2.0 A/T 2008 Rp. 250.000.000
CR-V All New CR-V 2.4 A/T 2007 Rp. 260.000.000
CR-V All New CR-V 2.4 A/T 2008 Rp. 270.000.000
CR-V All NewCR-V 2.0 M/T 2009 Rp. 240.000.000
CR-V All New CR-V 2.0 A/T 2010 Rp. 285.000.000
CR-V All New CR-V 2.0 M/T 2010 Rp. 250.000.000
CR-V All New CR-V 2.4 A/T 2011 Rp. 335.000.000
CR-V All New CR-V 2.4 A/T 2010 Rp. 320.000.000
Civic 1.7 VTi M/T 2001 Rp. 100.000.000
Civic 1.7 VTi M/T 2002 Rp. 105.000.000
Civic 1.7 VTi M/T 2003 Rp. 110.000.000
Civic 1.7 VTi A/T 2001 Rp. 100.000.000
Civic 1.7 VTi A/T 2002 Rp. 105.000.000
Civic 1.7 VTi A/T 2003 Rp. 110.000.000
Civic 1.7 VTi-S M/T 2001 Rp. 105.000.000
Civic 1.7 VTi-S M/T 2002 Rp. 115.000.000
Civic 1.7 VTi-S M/T 2003 Rp. 120.000.000
Civic 1.7 VTi-S Facelift M/T 2003 Rp. 130.000.000
Civic 1.7 VTi-S Facelift M/T 2004 Rp. 140.000.000
Civic 1.7 VTi-S Facelift M/T 2005 Rp. 150.000.000
Civic 1.7 VTi-S A/T 2001 Rp. 110.000.000
Civic 1.7 VTi-S A/T 2002 Rp. 120.000.000
Civic 1.7 VTi-S A/T 2003 Rp. 125.000.000
Civic 1.7 VTi-S Facelift A/T 2003 Rp. 135.000.000
Civic 1.7 VTi-S Facelift A/T 2004 Rp. 145.000.000
Civic 1.7 VTi-S Facelift A/T 2005 Rp. 155.000.000
Civic New 1.8 M/T 2006 Rp. 200.000.000
Civic New 1.8 M/T 2007 Rp. 220.000.000
Civic New 1.8 A/T 2006 Rp. 200.000.000
Civic New 1.8 A/T 2007 Rp. 220.000.000
Civic New 2.0 A/T 2006 Rp. 200.000.000
Civic New 2.0 A/T 2007 Rp. 220.000.000
Civic New 1.8 M/T 2009 Rp. 245.000.000
Civic New 1.8 A/T 2009 Rp. 250.000.000
Civic New 1.8 M/T 2008 Rp. 235.000.000
Civic New 2.0 A/T 2008 Rp. 240.000.000
Civic New 1.8 M/T 2010 Rp. 285.000.000
Civic New 1.8 A/T 2010 Rp. 285.000.000